Sabtu, 25 Juli 2009

Makanan Lokal Yang Berprotein Tinggi

Dijaman sekarang ini kita tahu bahwa tempe telah menjadi salah satu makanan yang cukup dilupakan oleh masyarakat bahkan hampir hilang dimata masyarakat. Semua itu dikarenakan dengan adanya makanan-makanan yang sudah modern sekarang ini. Misalnya yang biasa kita sebut dengan fast food atau sejenisnya. Tempe adalah makanan traditional yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Jadi kita tahu bahwa tempe adalah salah satu makanan yang tidak kalah dengan makanan zaman sekarang dan tempe juga mengandung protein yang sangat tinggi.


Dalam Program KKN-T di desa Jemundo, kami mencoba memasarkan dan mengenalkan produksi tempe yang di hasilkan bapak Sumaji. Produksi tempe ini dikelola dengan modal sendiri. Ada 2 jenis tempe yang di produksi, yaitu tempe kapuk dan tempe biasa. Dengan melalui proses produksi yang alamiah dan tradisional, maka tempe yang dihasilkan memiliki cita rasa yang lebih gurih dan terasa kedelainya. Tempe ini juga aman untuk dikonsumsi semua lapisan masyarakat, karena tidak mengandung bahan pengawet yang membahayakan kesehatan.


Dalam sehari, bapak Sumaji membutuhkan 50kg kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tempe yang berkualitas tinggi. Dalam pembuatannya bapak Sumaji di bantu dengan ibu Aminah (istri). Selama ini, bapak Sumaji memasarkan tempenya sendiri untuk dijual di pasar dan di jual keliling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar